Belajar dari pedagang asongan

Cemangad Pagi Sobat-Motty, para Rajawali.

Kemarin dalam penerbangan pulang menuju peraduan di sarang Motty (bukan “perjalanan” karena Motty kan burung ˆ⌣ˆ), Motty melewati beberapa pedagang asongan.

Ada pedagang nomer perdana hp, sedang menyusun dagangannya yang berbentuk kartu-kartu sesuai dengan nama operatornya, ada yg merah, putih, kuning, biru.. Kaya balonku ya ˆ⌣ˆ. Nampaknya ia baru mulai menggelar jualannya karena beberapa kolom operator masih belum tergelar. Tapi nampaknya sudah ada seorang anak muda yang berjongkok dan memilih nomer cantik idamannya ˆ⌣ˆ.


Ada pedagang aksesoris berbentuk gelang, kalung, sabuk dan teman-temannya. Nampaknya sedang ditawar oleh seorang wanita tomboy berambut pendek. Dengan gaya menawar “sambil jalan” ˆ⌣ˆ tau kan? “Rp xxx aja Bang” (tapi sambil akting ninggalin abangnya ˆ⌣ˆ teknik ini pasti sering digunakan Sobat-Motty karena terbukti manjur ˆ⌣ˆ). Sepertinya gaya tawarannya berhasil, si abang meng”iya”kan dan barang dagangan pun berpindah tangan.

Ada juga beberapa orang berseragam serupa, kaos bertuliskan “UNICEF”. Sering lihat kan Sobat-Motty? Bentuk yg lain adalah “WWF”. Pernah di stop mereka? Dengan gaya yang ramah dan gaul, teman-teman kita ini menawarkan kita untuk menyumbang ke lembaga-lembaga tersebut. Buat Sobat-Motty yang di sales/marketing, coba deh pelajari “konsep”nya, menarik sekali “jualan” pake “emotional selling” bentuk yang satu ini.

Selain mereka, buanyaaaakkk lagi saudara-saudara kita lainnya yang menjajakan barang dagangannya. Ada yang jual berbagai macam produk kulit (sabuk, dompet, tas).. Ada yang jual aksesoris HP (silicon, hard case, tali lucu², dll).. Ada juga yang menjual BUKU lho (novel, buku² best seller, peta, dll).

Hikmah apa yang bisa diambil Sobat-Motty?

Coba perhatikan..

PELUANG itu terkadang berjejer di depan hidung kita yang mancung ini (yang hidungnya pesek juga ya ˆ⌣ˆ).. Tapi, cuma beberapa orang yang bisa “melihat”nya dan memanfaatkannya untuk di UBAH menjadi UANG .. Ya… Ada UANG di PELUANG bukan??

Jangan ditelen mentah² ya.. Bukan berarti kita harus ngasong (tapi kalo perlu, kenapa ngga?? bagus buat ngelatih mental).

Maksud Motty, banyak sekali bertaburan PELUANG² di sekitar kita yang sebenarnya kita bisa ubah menjadi UANG. Coba berhenti sejenak, dan renungkan.. Apa iya ada hal² yang bisa kita manfaatkan sehingga bisa menyumbangkan arus KAS POSITIF untuk kantong kita. Psst.. Pasti ada! ˆ⌣ˆ

Lalu ingat² pergunakan faktor X (bukan faktor EKS (huruf X) tapi faktor KALI. Kalo satu peluang bernilai 2jt/bulan, 10 x jadi 20jt/bulan lhooo ˆ⌣ˆ

Sebagai catatan, Indonesia pas krisis moneter lalu masih bisa tumbuh (sedangkan negara² maju pada rubuh) itu salah satunya karena pedagang cabe, pedagang sayur, pedagang es cendol, pedagang ayam, dan pedagang² lain yang jumlahnya buanyaaak sekali. Mereka yang menopang perekonomian dengan perputaran uang REAL (bukan berdasarkan jual beli (misalnya) saham yang nilainya ngga REAL ˆ⌣ˆ)

Jadi… Mau berapa lama Sobat-Motty jadi karyawan? ˆ⌣ˆ

Iklan

15 responses to “Belajar dari pedagang asongan

  1. Doakan saya Motty, yang baru mulai usaha ini semoga uang yang saya dapat berkah dan usaha ini bisa membawa manfaat kepada keluarga dan masyarakat dalam jangka sangat sangat sangaaaaaat panjang….^.^

  2. nendyangggg!!! huaaa… mottyyyyy,, makin cinta deh sama kamuuu… hanya sekedar info, bahwa sya pernah hampir bergabung dengan orang2 berpakaian wwf dan unicef itu, peluang bagus dngan kesempatan melatih mental seperti itu… tapi gak saya ambil karena terlalu banyak pertimbangan….
    saya menyesal mott ><

  3. jyaaaa ^^ Motty juga makin cinta sama Sis Ditya yang udah mampir dan isi komen di website Motty ^^ #BigHUG

    hal-hal yang kita sesali adalah hal2 yang tidak kita lakukan ^^ oleh sebab itu, #EKSYEN! selalu #EKSYEN! maka kita ngga akan pernah mengalami penyesalan akan apapun ^^

    Trims sekali lagi sudah mampir dan isi komentar yaa ^^ #BigHUG

  4. “Jadi… Mau berapa lama Sobat-Motty jadi karyawan? ˆ⌣ˆ”

    hehe…kena deh 🙂 Karyawan mesti punya sambilan ya. kl sambilannya sdh lbh menjanjikan, status karyawan bisa ditinggalin..

    Mauuuuuuuuuuuu…..
    Pengeeeeeeeeeeeeeeeennnnnn….

  5. seandainya bisa merubah setiap peluang menjadi uang wow…$$$$$ mottyyyy mauuuuuuu bgt…*tulis d #DB dl aja kali yaa* doain ya mot 😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s